Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peneliti Terkejut dengan Strategi Perburuan Paus Paruh yang Luar Biasa Cepat di Laut

IMAGES

Paus paruh termasuk sejumlah spesies mamalia laut yang dapat melakukan penyelaman yang memecahkan rekor. Mereka secara rutin mengunjungi kedalaman hingga beberapa kilometer selama perjalanan berburu selama satu jam untuk mencari cumi-cumi dan ikan laut dalam. Karena sifatnya yang sulit dipahami dan keberadaan permukaan yang terbatas, sedikit yang diketahui tentang perilaku mereka.

Dengan 16 spesies, yang disebut paus Mesoplodont membentuk genus cetacea terbesar. Genus ini mencakup beberapa mamalia laut yang paling tidak dikenal — sedemikian rupa sehingga tiga spesies baru paus seukuran badak ini telah ditemukan hanya dalam 30 tahun terakhir. Sebagian besar spesies secara fisik sangat mirip dan semuanya dianggap sebagai pemangsa khusus di laut dalam. Selain itu, mereka sering muncul di area yang sama dan mencari makan di kedalaman yang sama. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana mereka dapat menghindari persaingan di antara mereka sendiri untuk mangsa yang sama.

Untuk beberapa spesies paus paruh, tanda biologging, yang ditempelkan di punggung mereka dengan cangkir hisap, telah mengungkapkan bahwa mereka biasanya memiliki gaya hidup berenergi rendah: mereka mampu melakukan penyelaman dalam yang ekstrem melalui gaya berenang dan strategi berburu yang lambat dan hemat energi. . Tapi paus berparuh Sowerby belum pernah diberi tanda sebelumnya. Namun, setelah bertahun-tahun berusaha, tim peneliti berhasil memasang penanda biologging pada dua paus berparuh Sowerby. 

Tag mencatat informasi rinci tentang strategi menyelam, gerakan, dan ekolokasi dari hewan yang sangat pemalu ini, memberikan kesempatan pertama untuk menyelidiki perilaku mencari makan mereka. Ini memungkinkan perbandingan langsung strategi berburu mereka dengan kerabat dekat mereka, paus berparuh Blainville yang bergerak lambat.

Sangat mengejutkan para peneliti, paus berparuh Sowerby sangat berbeda dari spesies Mesoplodon lainnya dalam strategi berenang dan berburu mereka. Meskipun menargetkan kedalaman mencari makan yang sama (800-1.300 meter / 2.600-4.300 kaki), mereka secara konsisten berenang lebih cepat, melakukan penyelaman dalam yang lebih pendek, dan melakukan ekolokasi pada tingkat yang lebih cepat, dengan klik frekuensi yang lebih tinggi. 

Catatan pertama tentang paus berparuh 'cepat' ini menunjukkan bahwa paus Mesoplodon mengeksploitasi keragaman relung laut dalam yang lebih luas daripada yang diduga sebelumnya. Laut dalam adalah tempat berburu yang kaya dan beragam untuk predator mamalia laut, yang jelas telah mengembangkan strategi khusus yang lebih luas untuk dapat memanfaatkannya daripada yang diketahui sebelumnya. (NagaPulsa.com)

Powered By NagaNews.Net